Call Center Virus Corona RSJD Dr. RM. Soedjarwadi

(0272) 321435

Apa itu COVID-19?

Corona Virus Disease 2019 atau yang biasa disingkat COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis koronavirus. Penderita COVID-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernafas.

Apakah COVID-19 Menular?

YA. Infeksi menyebar dari satu orang ke orang lain melalui percikan (droplet) dari saluran pernapasan yang sering dihasilkan saat batuk atau bersin. Jarak jangkauan droplet biasanya hingga 1 meter. Droplet bisa menempel di benda, namun tidak akan bertahan lama di udara. Waktu dari paparan virus hingga timbulnya gejala klinis antara 1-14 hari dengan rata-rata 5 hari. Maka, orang yang sedang sakit diwajibkan memakai masker guna meminimalisir penyebaran droplet.

Bagaimana Gejala COVID-19?

Orang yang terinfeksi memiliki gejala ringan seperti demam, batuk, dan kesulitan bernafas. Gejala dapat berkembang menjadi pneumonia berat.

Bagaimana Cara Mencegah COVID-19?

Tindakan pencegahan untuk mengurangi kemungkinan infeksi antara lain tetap berada di rumah, menghindari bepergian dan beraktivitas di tempat umum, sering mencuci tangan dengan sabun dan air, tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak dicuci. Segera hubungi Hotline jika Anda mengalami gejala atau memiliki riwayat perjalanan/berpergian dari Negara yang terjangkit.


Mari Lindungi Diri

- Terapkan etika batuk atau bersin (dengan menutup mulut dan hidung). Jangan meludah sembarangan. - Bersihkan benda yang sering disentuh. - Gunakan masker jika Anda sakit dan segera ke fasilitas kesehatan terdekat - Cuci tangan dengan sabun - Konsumsi makanan bergizi dan olahraga - Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci


Apa yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Gejala Mirip COVID-19?

- Hubungi nomor layanan Jateng Tanggap COVID-19 di 024-3580713 atau Call Center Virus Corona RSJD Dr. RM. Soedjarwadi di 0272-321435. - Gunakan masker dan ganti secara berkala. - Batasi kontak dengan orang lain dan tetap tinggal di rumah.


Segera Hubungi Layanan Telepon Darurat COVID-19 Jika

Anda mengalami gejala COVID-19

Anda baru-baru ini berkunjung ke suatu negara atau daerah dengan risiko tinggi coronavirus

Anda telah melakukan kontak dekat dengan seseorang dengan coronavirus

VIDEO

Infografis

Pranala Terkait:

Tentang Kami

Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. RM. Soedjarwadi kelas A milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berkedudukan di Klaten yang memberikan pelayanan dengan Standart Mutu Akreditasi Rumah Sakit versi terbaru, ISO SMM 9001 : 2015, SML 14001 : 2015 dengan moto melayani dengan ketulusan hati dan berwawasan global “From Klaten With Global Spirit”.

Kontak Kami

Jalan Ki Pandanaran KM. 2, Danguran, Klaten Selatan, Danguran, Klaten Sel., Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57426

Telepon : 0272-321435
Fax : 0272-321418
Email : soedjarwadi@jatengprov.go.id

Lokasi